Pengertian Tata Kerja, Prosedur Kerja, dan Sistem Kerja
Tata kerja : adalah suatu cara yang ditempuh untuk mengatur sebuah pekerjaan agar terlaksana
dengan baik dan efisien
Prosedur kerja : tahapan dalam tata kerja tentang bagaimana mengelola sebuah pekerjaan, yang
mengandung pengertian tentang apa, untuk apa, dan bagaiman pekerjaan harus
diselesaikan
Sistem kerja : adalah satu kesatuan antara tata kerja dan prosedur kerja sehingga membentuk
suatu pola yang dapat dengan tepat menyelesaikan sebuah pekerjaan
Analis Jabatan
Analis jabatan : suatu kegiatan yang dilakukan untuk menganalisis sebuah
jabatan/pekerjaan yang mencakup informasi tentang sebuah
jabatan/pekerjaan, uraian jabatan/pekerjaan, tugas dan syarat
jabatan/pekerjaan
Tujuan dari analisis jabatan :
- Menyusun uraian jabatan, dan persyaratan jabatan
- Menjadikan dasar untuk melaksanakan kegiatan MSDM
Adapun isi pokok suatu deskripsi jabatan/pekerjaan sbb:
- Identifikasi jabatan/pekerjaan
- Ringkasan jabatan/pekerjaan
- Rincian tugas yang dilaksanakan
- Pengawasan yang diberikan dan diterima
- Hubungan dengan jabatan atau jenis pekerjaan lainnya
- Bahan, alat, dan mesin yang dipergunakan
- Kondisi lingkungan kerja
Manfaat Analisis Jabatan :
- Menetapkan dasar-dasar rasional pengupahan dan penggajian yang obyektif.
- Menghapuskan persyaratan-persyaratan kerja yang dapat menyebabkan diskriminasi dalam pengadaan karyawan.
- Merencanakan kebutuhan-kebutuhan sumber daya manusia di waktu yang akan datang dan sebagai basis perencanaannya.
- Menentukan lamaran-lamaran dengan lowongan-lowongan pekerjaan yang tersedia.
- Menentukan dasar-dasar dan kebutuhan penyelenggaraan latihan baik bagi karyawan baru maupun karyawan lama
Deksripsi Jabatan
Deskripsi jabatan : sebuah uraian tentang bagaiamana suatu pekerjaan
dilakukan, pembagian wewenang & tanggung jawab, hubungan dengan
pekerjaan lain dan resiko pekerjaan
Lingkup deskripsi jabatan
Diskripsi pekerjaan dapat menjadi rintangan apabila tidak akurat, tidak
lengkap dan kadaluawarsa. Penulisan diskripsi pekerjaan yang sempurna
dapat menjadi asset dan dapat menggambarkan posisi dalam organisasi yang
memberikan pandangan operasioanl secara keseluruhan dan menunjukkan
bahwa diskripsi pekerjaan telah dirancang dan dianilisis sebagai suatu
bagian integral dari pelayanan organisasi. Dalam menghadapi perkembangan
ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi, diskripsi pekerjaan adalah
subyek perubahan. Perawat atau bidan manajer harus memelihara agar
pekerjaan tetap relevan dengan diskripsi pekerjaan melalui perbaikan
secara periodik dan sistematis.
Perawat dan bidan manajer harus melihat bahwa :
1. Diskripsi pekerjaan adalah pernyataan tertulis untuk semua tingkat
posisi dalam unit keperawatan dan kebidanan, yang mencerminkan fungsi,
responsibilitas dan kualifikasi yang dibutuhkan.
2. Diskripsi pekerjaan diperbaiki dan diperbaharui sesuai perkembangan iptek atau kebijakan organisasi.
3. Semua posisi klinis sebaiknya dievaluasi secara periodik (6 bulan atau 1 tahun sekali).
Kriteria pengembangan deskripsi pekerjaan
Ada beberapa kriteria tertentu untuk mengembangkan diskripsi pekerjaan sebagai berikut;
1. Diskripsi pekerjaan harus terkini dan akurat untuk mensyaratkan fungsi dan tugas yang diperlukan.
2. Posisi/jabatan klinis harus jelas berdasarkan ketentuan dan jenjang karier yang ditetapkan oleh organisasi.
3. Diskripsi pekerjaan menunjukkan jenis dan spesifikasi pekerjaan,
bagaimana dan untuk apa pekerjaan tersebut berbeda satu dengan lainnya.
4. Diskripsi pekerjaan harus lengkap dan tidak mendetail, sehingga dapat mengembangkan fungsi dan tugas yang lebih luas.
5. Rancang standar untuk digunakan pada semua pekerjaan bagi masing-masing kategori.
6. Diskripsi pekerjaan harus realistis untuk aspek teknis dan sumber daya manusia yang memungkinkan.
Spesifikasi pekerjaan
Spesifikasi pekerjaan : persyaratan yang diberlakukan untu menyaring
atau memilih orang yang akan memangku sebuah jabatan. Spesifikasi
jabatan sendiri adalah bagian dari deskripsi jabatan dimana setiap
spesifikasi jabatan membantu sebuah organisasi untuk dapat menetapkan
orang yang seperti apa yang akan ada dalam sebuah jabatan.
Sifat-sifat yang ada dalam sebuah spesifikasi pekerjaan dibagi menjadi 3 :
1. Sifat dasar : keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan
2. Sifat yang diinginkan : kualifikasi perseorangan yang harus terpenuhi
3. Sifat berlawanan : sifat yang menjadi lawan untuk mencapai kesuksesan pekerjaan
0 komentar:
Posting Komentar