Senin, 17 Oktober 2016

ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN PT.HOLCIM INDONESIA Tbk

PT. Holcim Indonesia, Tbk. adalah perusahaan sebuah perusahaan pembuat semen di Indonesia yang sebelumnya bernama PT. Semen Cibinong Tbk. bergantinya nama seiring dengan dikuasainya mayoritas saham perseroan oleh Holcim Ltd.,  pergantian nama perusahaan dilakukan pada 1 Januari 2006. Pergantian nama ini juga diikuti oleh anak perusahaan perseroan PT Semen Cibinong Tbk yang berganti nama menjadi PT Holcim Indonesia Tbk. mulai tanggal 1 Januari 2005 dan juga PT Trumix Beton menjadi PT Holcim Beton. Tujuan dari perubahan nama itu karena perseroan berkeinginan untuk memberitahukan bahwa perseroan adalah bagian dari grup internasional, yaitu Holcim Ltd. Selain nama, Semen Cibinong juga akan mengganti logo perusahaannya.
PT. Holcim adalah pelopor dan inovator di Indonesia yang bergerak dalam pembuatan semem dan PT. Holcim adalah satu-satunya penyedia yang terintegrasi sembilan berbagai jenis semen, beton dan agregat. Produk-produk yang diproduksi oleh PT. Holcim merupakan produk yang masih berhubungan dengan bahan bangunan, dengan fokus kepada penciptaan semen berkualitas, berupa semen maupun mortar instan, dan perangkat pendukungnya yang umumnya berupa modul-modul blok pengisian semen yang dapat digunakan sebagai pengganti batu bata. PT. Holcim sedang membangun sebuah waralaba yang unik dalam memberikan solusi lengkap untuk membangun perumahan atau rumah dengan harga terjangkau. Untuk itu Holcim melatih lebih dari 3.000 tukang batu, lebih dari 43 pewaralaba dan lebih dari 9.000 outlet ritel di seluruh pulau Jawa.
Holcim dikenal sebagai pelopor dan inovator di sektor industri semen yang tercatat sebagai sektor yang tumbuh pesat seiring pertumbuhan pasar perumahan, bangunan umum dan infrastruktur. Kami satu-satunya produsen yang menyediakan produk dan layanan terintegrasi yang meliputi 10 jenis semen, beton dan agregat. Kini tengah dikembangkan usaha waralaba yang unik, yakni Solusi Rumah, yang menawarkan solusi perbaikan dan pembangunan rumah dengan biaya terjangkau dengan dukungan lebih dari 14.700 ahli bangunan binaan Holcim, waralaba yang  hingga 2012 telah mencapai 433 gerai, dan staf penjualan via telepon yang jumlahnya terus bertambah. 

1. Fungsi manajemen Pt.Holcim Indonesia Tbk 



1) Planning

Tujuan dan Sasaran Perusahaan dirumuskan dalam rencana strategi  yang memuat tahapan-tahapan yang harus dicapai guna meraih sasaran-sasaran tahunan dan kembali mencapai pertumbuhan yang berarti.


Beberapa strategi / planning yang di terapkan oleh PT.Holcim Tbk:
1.  Strategi
Kemitraan merupakan kekuatan kami
Pasar
• Meningkatkan nilai tambah produk dan layanan melalui value chain Holcim
• Melakukan diferensiasi dengan fokus pada pelanggan
• Membina kemitraan dalam hal konstruksi yang berkelanjutan
Memenuhi target merupakan kinerja kami
Energi, produksi dan keuangan
• Melakukan investasi untuk pengembangan usaha di masa depan
• Memperbaiki proses produksi dan memanfaatkan batubara low rank untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi
• Mengelola hutang dan risiko nilai tukar Beberapa strategi yang diterapkan
Kepedulian merupakan semangat kami
Lingkungan Hidup/Masyarakat
• Geocycle: solusi lengkap pengelolaan limbah
• Hubungan kemasyarakatan yang difokuskan pada aspek swadaya Karyawan
• Prinsip ‘utamakan keselamatan – tanpa kompromi’ terus ditekankan kepada karyawan
• Lebih banyak lagi menyelenggarakan program pengembangan Laporan Tahunan 2009 PT Holcim Indonesia Tbk.


Sejumlah Rencana Ekspansi Bisnis Siap Direalisasikan
Produsen semen PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) menyiapkan sejumlah langkah pengembangan usaha di tahun ini.
Direktur Utama Holcim Indonesia, Eamon John Ginley mengatakan untuk mendukung rencana bisnis perseroan, perseroan membutuhkan belanja modal (capital expenditure/capex).
Untuk apa saja rencana penggunaan belanja modal Holcim di tahun ini? Setidaknya ada empat rencana pengembangan bisnis perusahaan yang sebelumnya bernama PT Semen Cibinong Tbk ini.
“Tahun ini pabrik Tuban 1 beroperasi. Kami siapkan belanja modal untuk Tuban 2 yang akan beroperasi 2015, pabrik silo baru di Lampung, dan maintenance atau anggaran rutin perbaikan dan pengelolaan mesin. Namun, angka total belanja tidak bisa kami sebutkan,” katanya usai RUPS,
Pada tahun ini, perseroan akan mengoperasikan pabrik Tuban 1 dengan kapasitas 1,7 juta ton per tahun. Selanjutnya, Holcim Indonesia juga sedang membangun pabrik Tuban 2 dengan kapasitas yang sama, 1,7 juta ton per tahun.
Dengan demikian, kedua pabrik dengan total investasi US$850 juta itu nantinya akan berkontribusi 3,4 juta ton per tahun untuk menambah kapasitas produksi semen perseroan.
Saat ini, kapasitas produksi semen emiten berkode SMCB itu mencapai 9,1 juta ton. Dengan adanya pabrik baru tersebut, kapasitas produksi akan meningkat 37% menjadi 12,5 juta ton pada 2015.
Terakhir, Holcim memiliki proyek investasi pengelolaan limbah. Limbah industri tersebut diproses menjadi energi alternatif pengganti batu bara.


VISI DAN MISI

Visi
Membangun solusi yang berkelanjutan bagi masa depan masyarakat kita.
Misi
Membangun Holcim Indonesia menjadi perusahaan yang memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dengan:
-       Menyediakan solusi pembangunan sesuai prinsip berkelanjutan bagi setiap segmen pelanggan tertentu
-       Memperhatikan keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan
-       Membina kemampuan sumber daya manusia, berinovasi dan membangun jaringan yang kuat.
 
Nilai
Kekuatan Terjalin melalui Kemitraan
Kinerja Tercermin dari Pemenuhan Janji
Semangat Terwujud Dalam Kepedulian


Perkembangan Perusahaan

Kinerja Penjualan dan keuntungan Yang Sangat Baik
Penjualan di tahun 2011 meningkat 26% menjadi Rp 7.5 triliun yang diperoleh dari volume penjualan domestik yang meningkat 32% menjadi 8.2 juta ton, hasil dari kesuksesan perluasan jaringan pasar yang menjangkau sampai Sumatra, perbaikan logistik di Pulau Jawa dan ketersediaan layanan lengkap untuk produk di pasar Bali. Presiden Direktur, Eamon Ginley menyatakan bahwa kesuksesan ini adalah hasil dari investasi dalam rantai distribusi, peningkatan lebih dari 100 outlet waralaba termasuk waralaba beton siap pakai dan kegiatan-kegiatan lainnya yang telah membantu pencapaian melebihi tingkat pertumbuhan pasar yang sedang berkembang dan keadaan pasokan yang ketat.
Keuntungan bersih tahun 2011 mencapai Rp 1.063 milyar atau Rp 139 per lembar saham yang berarti meningkat 28% sebagai  hasil dari usaha  perusahaan yang sukses dalam mengontrol biaya dan mempertahankan keuntungan operasi. Nilai dividen sebesar  Rp 23 per lembar saham dari keuntungan tahun 2010 dan interim dividend dengan nilai yang sama dari keuntungan tahun 2011 telah dibagikan  dalam  tahun tersebut.
Dalam kinerja penjualan dan kas yang sangat baik, disamping pembagian dividen ke pemegang saham, kesempatan untuk menurunkan hutang juga dilakukan oleh perusahaan  dan neraca  keuangan pada akhir tahun menunjukkan “conservative gearing”, dengan rasio hutang terhadap ekuitas yaitu 0.2 banding 1 (2010: 0.3 banding 1).
Perkembangan di Tuban
Pembangunan infrastruktur utama, saluran air, dan pekerjaan sipil di pabrik berkapasitas 1.7 juta ton di Tuban Jawa Timur, terus berjalan dan pabrik ini secara keseluruhan akan siap tahun 2013. Saat ini, perusahaan sedang mempersiapkan rencana-rencana  perluasan  berikutnya.
Tentang  PT Holcim Indonesia Tbk
PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (77,33%) dimiliki dan dikelola oleh Holderfin BV Ltd, anak perusahaan Holcim Ltd, yang berbasis di Swiss. PT Holcim Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia dengan usaha yang terintegrasi terdiri dari beton siap pakai, produksi agregat dan  transportasi. Perusahaan mengoperasikan dua pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat dan di Cilacap, Jawa Tengah serta pabrik grinding mill semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 8,3juta ton klinker, dan mempekerjakan lebih dari 2.600 orang
Holcim Indonesia merupakan salah satu Grup Holcim yang merupakan produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85.000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.
Jenis dan Bentuk Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
1.  Jenis Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
PT. Holcim Indonesia Tbk adalah produsen semen ketiga terbesar di Indonesia dan usaha terkait lainnya yang berkaitan Ready Mix Concrete (RMX), Anggregate, PT. Holcim Indonesia Tbk ini termasuk kedalam perusahaan jasa, karena menyediakan jasa dengan mutu yang memenuhi standar yang diterima lokal dan internasional sehingga memberi kontribusi positif terhadap kegiatan bisnis perusahaan.
2.  Bentuk Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
Bentuk Perusahaan Holcim termasuk kedalam perusahaan terbatas (PT), karena Holcim mempunyai kekayaan yang dimiliki perusahaan itu sendiri, pemilik Holcim itu sendiri adalah mereka yang memegang saham dan bertanggung jawab kepada pihak ketiga sesuai dengan modal yang di miliki oleh perusahaan. PT Holcim Indonesia Tbk, perusahaan terkemuka dalam pembuatan semen,beton dan agregate berketetapan untuk mendukung kepercayaan negara dalam pengembangan yang berkelanjutan, perusahaan Holcim ini berkomitmen untuk meningkatkan kinerja lingkungan hidup secara berkesinambungan dalam memproduksi.
Permodalan Perusahaan PT. Holcim Indonesian Tbk
1.  Arti Modal Perusahaan
Modal adalah sejumlah dana yang menjadi dasar untuk mendirikan suatu perusahaan, perusahaan menggunakan dana ini untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan perusahaan untuk membuat usaha tersebut.
2.  Sumber Modal Perusahaan
Sumber modal terdapat menjadi dua bagian yaitu sumber modal internal dan eksternal, pengertian modal internal adalah modal yang dihasilkan sendiri di dalam perusahaan, sedangkan modal eksternal adalah modal yang dihasilkan dari luar perusahaan. Dan sumber modal internal atau eksternal ini didapatkan dari para pemegang saham itu tersebut. PT Holcim Indonesian Tbk mendapatkan sumber modal ini dari pinjaman dalam bentuk kredit ekspor dari Euler Hermes, agen kredit Pemerintahan Jerman, Kfw IPEX-Bank, dan BNP Paribas.
ORGANIZING


STRUKTUR ORGANISASI

Dari kiri ke kanan: Jan Kunigk, Kent Carson, Derek Williamson, Fazri Yulianto, Eamon Ginley, Jannus O. Hutapea, Lilik U. Raharjo dan Patrick Walser.

Direktur Keuangan - Kent Carson.


CONTROLLING


Kebutuhan untuk pasar utama kami, yaitu Pulau Jawa, dipasok dari dua unit produksi utama dan satu stasiun penggilingan, dan semua unit ini mampu berproduksi dengan kapasitas 9,1 juta ton pertahun. Saat ini sedang dibangun unit produksi yang ketiga di Tuban, Jawa Timur, yang berkapasitas tahunan 3,4 juta ton dan direncanakan mulai berjalan pada tahun 2013. Kami mengoperasikan banyak batching plant beton, dua tambang dan jaringan logistik lengkap yang mencakup pula gudang dan silo.
Tim Geocycle kami menyediakan solusi total pembuangan limbah industri, perkotaan dan pertanian bagi konsumen yang tidak ingin terbebani masalah pengumpulan, penyimpanan dan pembuangan limbah berbahaya maupun limbah tidak berbahaya. Reputasi kami kian meningkat, dan seiring dengan itu semakin banyak perusahaan besar di sektor industri maupun pemerintah yang memanfaatkan jasa kami. Konsultan kami bekerja dengan prinsip kurangi, pakai kembali dan daur ulang dalam membantu perusahaan menekan produksi limbah mereka. Geocycle mempelopori pembangunan instalasi pemusnahan gas perusak ozon, CFC, dengan cara yang aman – fasilitas yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Kami memperoleh kredit karbon dalam program Mekanisme Pembangunan Bersih UNFCCC dengan memanfaatkan biomassa dalam proses produksi semen karena langkah ini dapat mengurangi emisi CO2 yang muncul dalam proses pembusukan jika limbah pertanian tersebut dibiarkan begitu saja. 


Source: www.denihardiansyah210.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar