PT. Holcim Indonesia, Tbk. adalah perusahaan sebuah
perusahaan pembuat semen di Indonesia yang sebelumnya bernama PT. Semen
Cibinong Tbk. bergantinya nama seiring dengan dikuasainya mayoritas saham
perseroan oleh Holcim Ltd., pergantian nama perusahaan dilakukan pada 1 Januari 2006. Pergantian nama ini juga diikuti oleh anak
perusahaan perseroan PT Semen Cibinong Tbk yang berganti nama menjadi PT Holcim
Indonesia Tbk. mulai tanggal 1 Januari 2005 dan juga PT Trumix Beton menjadi PT
Holcim Beton. Tujuan dari perubahan nama itu karena perseroan berkeinginan
untuk memberitahukan bahwa perseroan adalah bagian dari grup internasional,
yaitu Holcim Ltd. Selain nama, Semen Cibinong juga akan mengganti logo
perusahaannya.
PT. Holcim adalah pelopor dan inovator di Indonesia
yang bergerak dalam pembuatan semem dan PT. Holcim adalah satu-satunya penyedia
yang terintegrasi sembilan berbagai jenis semen, beton dan agregat. Produk-produk yang diproduksi
oleh PT. Holcim merupakan produk yang masih berhubungan dengan bahan bangunan,
dengan fokus kepada penciptaan semen berkualitas, berupa semen maupun mortar
instan, dan perangkat pendukungnya yang umumnya berupa modul-modul blok
pengisian semen yang dapat digunakan sebagai pengganti batu bata. PT. Holcim sedang membangun sebuah waralaba yang unik
dalam memberikan solusi lengkap untuk membangun perumahan atau rumah dengan
harga terjangkau. Untuk itu Holcim melatih lebih dari 3.000 tukang batu, lebih
dari 43 pewaralaba dan lebih dari 9.000 outlet ritel di seluruh pulau Jawa.
Holcim dikenal sebagai pelopor dan inovator di sektor
industri semen yang tercatat sebagai sektor yang tumbuh pesat seiring pertumbuhan
pasar perumahan, bangunan umum dan infrastruktur. Kami satu-satunya produsen
yang menyediakan produk dan layanan terintegrasi yang meliputi 10 jenis semen,
beton dan agregat. Kini tengah dikembangkan usaha waralaba yang unik, yakni Solusi Rumah,
yang menawarkan solusi perbaikan dan pembangunan rumah dengan biaya terjangkau
dengan dukungan lebih dari 14.700 ahli bangunan binaan Holcim, waralaba
yang hingga 2012 telah mencapai 433 gerai, dan staf penjualan via telepon
yang jumlahnya terus bertambah.
1. Fungsi manajemen Pt.Holcim Indonesia Tbk
1) Planning
Tujuan dan Sasaran Perusahaan dirumuskan dalam rencana
strategi yang memuat tahapan-tahapan yang harus dicapai guna meraih
sasaran-sasaran tahunan dan kembali mencapai pertumbuhan yang berarti.
Beberapa strategi / planning yang di terapkan
oleh PT.Holcim Tbk:
1. Strategi
Kemitraan merupakan
kekuatan kami
Pasar
•
Meningkatkan nilai tambah produk dan layanan melalui value chain Holcim
•
Melakukan diferensiasi dengan fokus pada pelanggan
•
Membina kemitraan dalam hal konstruksi yang berkelanjutan
Memenuhi target
merupakan kinerja kami
Energi, produksi dan
keuangan
•
Melakukan investasi untuk pengembangan usaha di masa depan
•
Memperbaiki proses produksi dan memanfaatkan batubara low rank untuk
meningkatkan produktivitas dan efisiensi
•
Mengelola hutang dan risiko nilai tukar Beberapa strategi yang diterapkan
Kepedulian merupakan
semangat kami
Lingkungan
Hidup/Masyarakat
•
Geocycle: solusi lengkap pengelolaan limbah
•
Hubungan kemasyarakatan yang difokuskan pada aspek swadaya Karyawan
•
Prinsip ‘utamakan keselamatan – tanpa kompromi’ terus ditekankan kepada
karyawan
•
Lebih banyak lagi menyelenggarakan program pengembangan Laporan Tahunan 2009 PT
Holcim Indonesia Tbk.
Sejumlah Rencana
Ekspansi Bisnis Siap Direalisasikan
Produsen semen PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) menyiapkan sejumlah
langkah pengembangan usaha di tahun ini.
Direktur Utama Holcim Indonesia, Eamon John Ginley mengatakan
untuk mendukung rencana bisnis perseroan, perseroan membutuhkan belanja modal (capital expenditure/capex).
Untuk apa saja rencana
penggunaan belanja modal Holcim di tahun ini? Setidaknya ada empat rencana
pengembangan bisnis perusahaan yang sebelumnya bernama PT Semen Cibinong Tbk
ini.
“Tahun ini pabrik Tuban 1 beroperasi. Kami siapkan belanja modal
untuk Tuban 2 yang akan beroperasi 2015, pabrik silo baru di Lampung, dan maintenance atau
anggaran rutin perbaikan dan pengelolaan mesin. Namun, angka total belanja
tidak bisa kami sebutkan,” katanya usai RUPS,
Pada tahun ini, perseroan
akan mengoperasikan pabrik Tuban 1 dengan kapasitas 1,7 juta ton per tahun.
Selanjutnya, Holcim Indonesia juga sedang membangun pabrik Tuban 2 dengan
kapasitas yang sama, 1,7 juta ton per tahun.
Dengan demikian, kedua
pabrik dengan total investasi US$850 juta itu nantinya akan berkontribusi 3,4
juta ton per tahun untuk menambah kapasitas produksi semen perseroan.
Saat ini, kapasitas
produksi semen emiten berkode SMCB itu mencapai 9,1 juta ton. Dengan adanya
pabrik baru tersebut, kapasitas produksi akan meningkat 37% menjadi 12,5 juta
ton pada 2015.
Terakhir, Holcim memiliki
proyek investasi pengelolaan limbah. Limbah industri tersebut diproses menjadi
energi alternatif pengganti batu bara.
VISI DAN MISI
Visi
Membangun
solusi yang berkelanjutan bagi masa depan masyarakat kita.
Misi
Membangun
Holcim Indonesia menjadi perusahaan yang memberikan nilai tambah bagi para
pemangku kepentingan dengan:
- Menyediakan
solusi pembangunan sesuai prinsip berkelanjutan bagi setiap segmen pelanggan
tertentu
- Memperhatikan
keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan
- Membina
kemampuan sumber daya manusia, berinovasi dan membangun jaringan yang kuat.
Nilai
Kekuatan
Terjalin melalui Kemitraan
Kinerja
Tercermin dari Pemenuhan Janji
Semangat
Terwujud Dalam Kepedulian
Perkembangan Perusahaan
Kinerja
Penjualan dan keuntungan Yang Sangat Baik
Penjualan
di tahun 2011 meningkat 26% menjadi Rp 7.5 triliun yang diperoleh dari volume
penjualan domestik yang meningkat 32% menjadi 8.2 juta ton, hasil dari
kesuksesan perluasan jaringan pasar yang menjangkau sampai Sumatra, perbaikan
logistik di Pulau Jawa dan ketersediaan layanan lengkap untuk produk di pasar
Bali. Presiden Direktur, Eamon Ginley menyatakan bahwa kesuksesan ini adalah
hasil dari investasi dalam rantai distribusi, peningkatan lebih dari 100 outlet
waralaba termasuk waralaba beton siap pakai dan kegiatan-kegiatan lainnya yang
telah membantu pencapaian melebihi tingkat pertumbuhan pasar yang sedang
berkembang dan keadaan pasokan yang ketat.
Keuntungan
bersih tahun 2011 mencapai Rp 1.063 milyar atau Rp 139 per lembar saham yang
berarti meningkat 28% sebagai hasil dari
usaha perusahaan yang sukses dalam
mengontrol biaya dan mempertahankan keuntungan operasi. Nilai dividen
sebesar Rp 23 per lembar saham dari
keuntungan tahun 2010 dan interim dividend dengan nilai yang sama dari
keuntungan tahun 2011 telah dibagikan
dalam tahun tersebut.
Dalam
kinerja penjualan dan kas yang sangat baik, disamping pembagian dividen ke
pemegang saham, kesempatan untuk menurunkan hutang juga dilakukan oleh
perusahaan dan neraca keuangan pada akhir tahun menunjukkan
“conservative gearing”, dengan rasio hutang terhadap ekuitas yaitu 0.2 banding
1 (2010: 0.3 banding 1).
Perkembangan
di Tuban
Pembangunan
infrastruktur utama, saluran air, dan pekerjaan sipil di pabrik berkapasitas
1.7 juta ton di Tuban Jawa Timur, terus berjalan dan pabrik ini secara
keseluruhan akan siap tahun 2013. Saat ini, perusahaan sedang mempersiapkan
rencana-rencana perluasan berikutnya.
Tentang PT Holcim Indonesia Tbk
PT
Holcim Indonesia Tbk (Holcim Indonesia)
adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (77,33%)
dimiliki dan dikelola oleh Holderfin BV Ltd, anak perusahaan Holcim Ltd, yang
berbasis di Swiss. PT Holcim Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan
semen terbesar di Indonesia dengan usaha yang terintegrasi terdiri dari beton
siap pakai, produksi agregat dan
transportasi. Perusahaan mengoperasikan dua pabrik semen masing-masing
di Narogong, Jawa Barat dan di Cilacap, Jawa Tengah serta pabrik grinding mill
semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas gabungan per tahun 8,3juta ton klinker, dan
mempekerjakan lebih dari 2.600 orang
Holcim
Indonesia merupakan salah satu Grup Holcim yang merupakan produsen semen
terbesar di dunia dengan total lebih dari 85.000 karyawan dan kapasitas
produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.
Jenis
dan Bentuk Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
1. Jenis
Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
PT.
Holcim Indonesia Tbk adalah produsen semen ketiga terbesar di Indonesia dan
usaha terkait lainnya yang berkaitan Ready Mix Concrete (RMX), Anggregate, PT.
Holcim Indonesia Tbk ini termasuk kedalam perusahaan jasa, karena menyediakan
jasa dengan mutu yang memenuhi standar yang diterima lokal dan internasional
sehingga memberi kontribusi positif terhadap kegiatan bisnis perusahaan.
2. Bentuk
Perusahaan PT. Holcim Indonesia Tbk
Bentuk
Perusahaan Holcim termasuk kedalam perusahaan terbatas (PT), karena Holcim
mempunyai kekayaan yang dimiliki perusahaan itu sendiri, pemilik Holcim itu
sendiri adalah mereka yang memegang saham dan bertanggung jawab kepada pihak
ketiga sesuai dengan modal yang di miliki oleh perusahaan. PT Holcim Indonesia
Tbk, perusahaan terkemuka dalam pembuatan semen,beton dan agregate berketetapan
untuk mendukung kepercayaan negara dalam pengembangan yang berkelanjutan,
perusahaan Holcim ini berkomitmen untuk meningkatkan kinerja lingkungan hidup
secara berkesinambungan dalam memproduksi.
Permodalan
Perusahaan PT. Holcim Indonesian Tbk
1. Arti
Modal Perusahaan
Modal
adalah sejumlah dana yang menjadi dasar untuk mendirikan suatu perusahaan,
perusahaan menggunakan dana ini untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan
perusahaan untuk membuat usaha tersebut.
2. Sumber
Modal Perusahaan
Sumber
modal terdapat menjadi dua bagian yaitu sumber modal internal dan eksternal,
pengertian modal internal adalah modal yang dihasilkan sendiri di dalam
perusahaan, sedangkan modal eksternal adalah modal yang dihasilkan dari luar
perusahaan. Dan sumber modal internal atau eksternal ini didapatkan dari para
pemegang saham itu tersebut. PT Holcim Indonesian Tbk mendapatkan sumber modal
ini dari pinjaman dalam bentuk kredit ekspor dari Euler Hermes, agen kredit
Pemerintahan Jerman, Kfw IPEX-Bank, dan BNP Paribas.
ORGANIZING
Direktur Keuangan - Kent Carson.
CONTROLLING
STRUKTUR ORGANISASI
Dari kiri ke kanan: Jan Kunigk,
Kent Carson, Derek Williamson, Fazri Yulianto, Eamon Ginley, Jannus
O. Hutapea, Lilik U. Raharjo dan Patrick Walser.
Direktur Keuangan - Kent Carson.
CONTROLLING
Kebutuhan untuk pasar utama kami, yaitu Pulau Jawa,
dipasok dari dua unit produksi utama dan satu stasiun penggilingan, dan semua
unit ini mampu berproduksi dengan kapasitas 9,1 juta ton pertahun. Saat ini
sedang dibangun unit produksi yang ketiga di Tuban, Jawa Timur, yang
berkapasitas tahunan 3,4 juta ton dan direncanakan mulai berjalan pada tahun
2013. Kami mengoperasikan banyak batching
plant beton, dua tambang dan jaringan logistik lengkap yang mencakup
pula gudang dan silo.
Tim Geocycle kami menyediakan solusi total pembuangan limbah
industri, perkotaan dan pertanian bagi konsumen yang tidak ingin terbebani
masalah pengumpulan, penyimpanan dan pembuangan limbah berbahaya maupun limbah
tidak berbahaya. Reputasi kami kian meningkat, dan seiring dengan itu semakin
banyak perusahaan besar di sektor industri maupun pemerintah yang memanfaatkan
jasa kami. Konsultan kami bekerja dengan prinsip kurangi, pakai kembali dan
daur ulang dalam membantu perusahaan menekan produksi limbah mereka. Geocycle mempelopori
pembangunan instalasi pemusnahan gas perusak ozon, CFC, dengan cara yang aman –
fasilitas yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Kami memperoleh kredit karbon
dalam program Mekanisme Pembangunan Bersih UNFCCC dengan memanfaatkan biomassa
dalam proses produksi semen karena langkah ini dapat mengurangi emisi CO2
yang muncul dalam proses pembusukan jika limbah pertanian tersebut dibiarkan
begitu saja.
Source: www.denihardiansyah210.blogspot.com/
Source: www.denihardiansyah210.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar